Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Cara Download Sertifikat Vaksin

COTEKNO.COM: Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi  –  Sertifikat Vaksin COVID-19 dari Pedulilindungi.id saat ini menjadi salah satu syarat untuk masyarakat agar bisa bepergian atau mengunjungi mal dan serta datang pusat perbelanjaan.

Menunjukkan data Sertifikat Vaksin Sebelum memasuki Mall atau Restoran kepada penjaga dan satpam adalah bukti bahwa anda ikut berperan dalam mencegah penyebaran covid melalui diri anda sendiri, sehingga tempat belanja tersebut memastikan anda untuk di ijinkan masuk dalam keadaan waspada.

Pedulilindungi Sertifikat Vaksin

Jika anda sudah melakukan Vaksinasi, kini anda bisa melihat datanya melalui situs web pedulilindungi.id dengan cara memasukkan Nama lengkap dan NIK KTP yang sesuai saat pada saat anda mendaftar diri saat Vaksin. Dengan mengunjungi situs tersebut anda akan melihat hasilnya secara detail.

Sertifikat Vaksinasi tersebut diberikan kepada setiap orang yang sudah melakukan vaksinasi COVID-19, baik Vaksin pertama maupun yang sudah lengkap (2 kali vaksin), Sertifikat Vaksin tersebut nantinya akan di jadikan sebagai bukti bahwa anda ikut berperan menjaga diri dari Covid. Sertifikat tersebut memuat detail data diri seperti Nama lengkap, NIK KTP, tanggal lahir, dan juga tanggal saat anda melakukan vaksinasi.

Baca Juga: ShopeePay Talk Bongkar Rahasia Bangun Bisnis Moncer dengan Modal Terbatas

Cara Mengecek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi.id

Setelah anda menjalani proses vaksin yang di adakan pemerintah selanjutnya Anda akan mendapatkan SMS dari 1199 terkait data diri vaksinasi dan Pesan tersebut merujuk ke link yang nantinya diarahkan ke website PeduliLindungi.id .

Akan tetapi jika setelah disuntik Anda tak kunjung juga menerima pesan SMS terkait vaksin tersebut? Anda tidak perlu khawatir, karena saya sendiri tidak menerima Pesan SMS akan detail data anda dalam program ini.

Tapi Tenang saja, Anda bisa mengecek sendiri melalui situs website di bawah tanpa harus menunggu SMS, yaitu cek dengan cara berikut ini:

1. Kunjungi laman PeduliLindungi.

2. Isikan Nama lengkap dan nomor induk kependudukan (NIK KTP).

3. Setelah memasukkan nama dan NIK lanjut Centang kolom “Saya Bukan Robot”.

4. Klik “Periksa”.

5. Tunggu hingga Status Vaksinasi Muncul.

Selain status vaksinasi, ada informasi terkait lokasi vaksinasi kedua dan riwayat hasil tes PCR dan antigen yang telah dijalani.

Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Ketika Anda sudah melakukan vaksinasi COVID-19 sampai tahap yang kedua kali, maka kini Anda akan menerima sertifikatnya. Lalu bagaimana cara anda mendapatkan Sertifikat Vaksin tersebut untuk di print atau di cetak seperti Kartu KTP?

Ada 3 Cara untuk mengunduh sertifikat tersebut dengan mudah, Silahkan simak baik-baik caranya di bawah ini:

Melalui SMS

Via SMS ini biasanya lebih simpel karena anda hanya akan menuju langsung ke link sertifikat, semua yang sudah mendapat suntikan pertama vaksinasi COVID-19 ini akan mendapat pesan SMS dari nomor 1199 berisikan detail Nama lengkap, nomor NIK KTP, serta nomor tiket vaksin.

Berikutnya, Anda juga akan menerima link URL untuk melihat data sertifikat vaksinasi. Selanjutnya anda Klik link tersebut dan unduh sertifikatnya. Begitu juga untuk suntikan yang kedua, 1199 nantinya juga akan mengirimkan SMS berisi link untuk melihat sertifikat vaksinasi. Begitu juga Anda tinggal mengunduhnya. Jadi ada 2 sertifikat yang akan Anda terima setelah anda melakukan Vaksin Tahap Kedua.

NOTE: TIDAK SEMUA ORANG DAPAT SMS

Download Sertifikat Vaksin Melalui Website PeduliLindungi

Jika anda tidak menerima SMS dari 1199 terkait link download, anda juga bisa mengunduh sertifikat vaksin dari website resmi PeduliLindungi. Begini caranya:

1. Buka laman PeduliLindungi.

2. Klik bagian atas bertuliskan “Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Anda di sini”.

3. Masukkan nomor HP yang telah terdaftar saat mengikuti vaksinasi COVID-19.

4. Masukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS.

5. Kemudian isi nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), tanggal lahir, tanggal vaksin, jenis vaksin. Lalu centang kolom “I’m not a robot” dan klik periksa.

6. Setelah itu muncul gambar sertifikat vaksinasi COVID-19 dan Anda tinggal mengunduhnya. Jika Anda sudah 2 kali divaksin, berarti ada 2 sertifikat vaksin yang bisa diunduh, yaitu sertifikat vaksinasi yang pertama dan yang kedua.

Download Sertifikat Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Selain melalui dua cara di atas (SMS dan Website), Kini sertifikat vaksin juga bisa diakses melalui aplikasi PeduliLindungi yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Untuk Android anda bisa mendownload di Playstore, iOS bisa mendownload di AppleStore. Setelah Anda mengunduh aplikasi PeduliLindungi, berikut langkah untuk mengakses sertifikat vaksin:

1. Isi nama lengkap dan nomor handphone di kolom yang tersedia.

2. Peserta akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

3. Buka aplikasi PeduliLindungi dan masukkan kode OTP tersebut.

4. Setelah berhasil membuat akun, pengguna akan masuk ke beranda halaman utama. Klik ikon “Profil”.

5. Pilih “Sertifikat Vaksin”, lalu pilih “Periksa”.

6. Isi NIK dan nomor HP yang didaftarkan untuk melaksanakan program vaksinasi.

7. Jika Anda sudah 2 kali divaksin, berarti ada 2 sertifikat vaksin yang bisa diunduh, yaitu sertifikat vaksinasi yang pertama dan yang kedua. Download sertifikat vaksinasi.

8. Sertifikat akan langsung tersimpan di handphone Anda.

Meskipun Pemerintah sudah membuat langkah yang mudah, kendati demikian masih ada sebagian orang yang ternyata mengeluhkan hambatan karena sertifikat vaksin tak segera muncul. Ada juga yang mengeluhkan karena kesalahan data.

Lantas bagaimana cara kita memperbaikinya?

Untuk Terkait masalah Sertifikat vaksin ini, Kementerian Kesehatan RI melalui akun Instagramnya menyarankan agar masyarakat langsung menyampaikan keluhan via email.

Format e-mail tersebut adalah:

1. Nama lengkap

2. NIK

3. Tempat, tanggal lahir

4. Nomor ponsel

5. Lampirkan juga foto dan kartu vaksinasi COVID-19.

Agar keluhan anda perihal ini langsung diproses, Kemenkes menyarankan agar Anda langsung menyampaikan data lengkap anda yaitu biodata lengkap, swafoto atau selfie dengan KTP, serta menjelaskan keluhannya. Kirim e-mail ke [email protected].

COTEKNO.COM tidak menyarankan anda untuk mencetak sertifikat vaksin melalui jasa pihak ketiga seperti yang beredar di berbagai jasa cetak Sertifikat Vaksin, karena jasa pencetak secara otomatis pasti mendapat data kependudukan anda berupa NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir. Sebaiknya lakukan cek dan mengunduh sertifikat vaksinasi di laman atau aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3, Di Jual Dengan Harga 14 Jutaan

Kesimpulan

Demikian Tips dan Trik dari saya untuk anda yang masih kebingungan akan sertifikat Vaksin yang sedang viral ini.

Semoga Membantu, jangan lupa share ke teman-teman atau keluarga anda.

Total
14
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Berbekal Snapdragon 778G di Samsung Galaxy A52s 5G

Next Post

Makin Mudah, Sekarang Naik Taksi BlueBird Kini Bisa Bayar Pakai GoPay

Related Posts
Total
14
Share
error: DJIANCUK: NGAPAIN? MAU MALING?!!