Cara Mengatasi Tidak Bisa Drag and Drop File ke Taskbar Windows 11

COTEKNO.COM: Cara Mengatasi Tidak Bisa Drag and Drop File ke Taskbar Windows 11. Fitur drag and drop pada Windows 11 kini sudah tidak ada lagi. Sejak dirilis pada tanggal 5 Oktober 2021 secara resmi, Windows 11 ini menjadi sebuah lompatan dari Microsoft sendiri terkait dengan pengalaman User Interface yang sudah tentu akan memengaruhi User Experience dari penggunanya.

Hilangnya fitur drag dan drop di Windows 11

Salah satu fitur yang sudah bertahun-tahun ada pada sistem operasi Windows sudah barang tentu memengaruhi user ketika menggunakan sistem operasi tersebut. Hal inilah yang terjadi pada sistem operasi Windows 11 dengan hilangnya fitur drag and drop.

Fitur drag and drop sendiri merupakan fitur yang memudahkan pengguna Windows untuk menyeret file langsung ke aplikasi yang sedang aktif pada taskbar Windows 11. Fitur ini umumnya banyak dipakai oleh user yang memerlukan intensitas kerja tinggi seperti programmer, desain grafis, animator dan lain-lain.

Untuk itu disini admin akan coba berbagi trik bagaimana cara mengembalikan atau mengaktifkan kembali fitur drag and drop agar bisa berfungsi kembali di Windows 11.

Cara Mengaktifkan Drag and Drop Taskbar di Windows 11

Untuk mengatasi hilangnya fitur ini, anda bisa menggunakan sebuah aplikasi gratis yang sudah admin sediakan dibawah ini.

Langkah 1. Jika sudah silakan anda unduh dahulu aplikasi Windows11DragAndDropToTaskbarFix dengan menekan tombol download dibawah ini. Download Drag and Drop Fix

Jika link diatas gagal silakan anda unduh melalui tombol berikut: Unduh Drag and Drop Alternatif

Note: sebelum anda esktrak silakan anda matikan antivirus anda terlebih dahulu, karena program ini dibuat dengan bahasa pemrograman C++ dan dijalankan dengan static version of the run-time library (MT), jadi mungkin akan terbaca sebagai virus. Tapi disini bisa admin katakan bahwa program ini aman.

Langkah 2. Jika sudah silakan anda ektrak file DragDrop.rar yang sudah anda download tadi. Maka anda akan menemukan sebuah file bernama Windows11DragAndDropToTaskbarFix.exe.

Langkah 3. Masukkan file Windows11DragAndDropToTaskbarFix.exe kedalam file atau folder pengecualian di antivirus yang anda gunakan supaya program ini tidak terbaca sebagai virus ketika antivirus anda diaktifkan kembali.

Sebagai contoh disini admin menggunakan antivirus Kapersky, contohnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Langkah 4. Jika Langkah 3 sudah benar-benar anda lakukan, maka sekarang anda bisa menjalankan aplikasi Windows11DragAndDropToTaskbarFix.exe tersebut. Tunggu beberapa saat akan muncul jendela peringatan UAC pilih More Info kemudian Run Away. Tunggulah beberapa saat akan muncul kembali jendela CMD, biarkan saja hingga tertutup dengan sendirinya.

Sekarang fitur drag and drop sudah aktif kembali di Windows 11. Silakan anda coba sendiri dengan menyeret file ke aplikasi yang sedang aktif ke taskbar.

Aplikasi ini tidak berjalan otomatis ketika komputer anda dimatikan, jadi jika anda mau anda harus memasukkannya kedalam aplikasi yang berjalan saat Startup. Sehingga aplikasi ini akan dijalankan otomatis ketika komputer anda dihidupkan.

Demikian tutorial singkat bagaimana Cara Mengatasi Tidak Bisa Drag and Drop File ke Taskbar Windows 11.

Bagikan:

Pecinta Anime, Blogger Amatiran Yang Suka Dollar dari Internet. Selalu Bersyukur, Selalu Sehat, Tetap Sedekah dan Tetap Ahlussunnah Wal Jamaah, Islam Dunia Ahirat dan Tetap Bersholawat.

Tinggalkan komentar

error: DJIANCUK: NGAPAIN? MAU MALING?!!