3 Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android

By | 20 Agustus 2020
menonaktifkan update otomatis aplikasi android

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android – Bagi pengguna Android maka tentu ada banyak aplikasi yang sudah anda install. Biasanya, aplikasi-aplikasi tersebut akan melakukan update atau pembaharuan, baik untuk penambahan fitur ataupun perbaikan bug. Update aplikasi tersebut biasanya akan berlangsung secara otomatis, saat ada paket update atau pembaharuan dari aplikasi tersebut. Jika tidak suka, maka cara ini dapat anda gunakan untuk menonaktifkan update otomatis aplikasi Android di Play Store.

Melakukan update aplikasi tentu sudah biasa dilakukan, dan bahkan sangat dianjurkan untuk melakukan update secara berkala. Update aplikasi tentu saja diperlukan untuk berbagai tujuan, seperti penambahan fitur baru, perbaikan bug, penyempurnaan fitur yang sudah ada, dan lain sebagainya. Tapi, yang sering kali membuat pengguna Android tidak senang adalah karena update aplikasi terjadi begitu saja secara otomatis, tanpa ada perintah yang diberikan.

menonaktifkan update otomatis aplikasi android

Secara default, Google Play Store akan melakukan update atau pembaharuan pada aplikasi yang sudah terinstall di Smartphone Android anda secara otomatis. Jadi, jika tersedia paket pembaharuan dari sebuah aplikasi, maka akan dilakukan update secara otomatis, tanpa perlu anda perintahkan atau beri tindakan. Tentu ini membuat tidak senang beberapa orang, karena merasa kecolongan kuota paket data dan alasan lainnya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menonaktifkan atau mematikan fitur update otomatis aplikasi Android di Play Store.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android di Play Store

Saat Google Play Store melakukan update otomatis pada aplikasi yang terinstall di Android, maka tentu akan menyerap kuota data anda tanpa diketahui. Tentu ini akan merugikan karena tidak dilakukan dengan sengaja. Selain itu, saat update otomatis berlangsung, maka akan menambah beban kerja perangkat Smartphone Android anda. Terlebih lagi jika sedang melakukan pekerjaan penting di HP dan tiba-tiba terjadi update otomatis.

Jika demikian, maka tentu anda akan menjadi tidak senang dengan adanya fitur update otomatis pada aplikasi Android. Oleh karena itu, anda dapat mematikan atau menonaktifkan fitur auto update tersebut. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Karena yang melakukan pekerjaan update otomatis adalah Google Play Store, maka akan dilakukan pengaturan pada Play Store. Jadi, silahkan buka Google Play Store di Smartphone Android anda. Kemudian, pada jendela utama Google Play Store, silahkan ketuk menu (ikon baris tiga). Lalu, pada daftar menu yang muncul, silahkan ketuk Setelan untuk membuka pengaturan Google Play Store.

Selanjutnya, pada jendela Setelan, silahkan ketuk bagian Update aplikasi secara otomatis. Kemudian, akan muncul daftar pilihan yang dapat anda gunakan dan terapkan.

  • Melalui jaringan apapun, jika ingin update otomatis aplikasi Android berlangsung saat menggunakan jaringan apapun, baik Wi-Fi maupun data seluler.
  • Melalui Wi-Fi saja, jika ingin update otomatis aplikasi Android berlangsung saat menggunakan jaringan Wi-Fi saja.
  • Jangan update aplikasi secara otomatis, jika ingin menonaktifkan update otomatis aplikasi Android.

Silahkan anda pilih salah satu opsi di atas, tentu saja jika ingin menonaktifkan fitur update otomatis aplikasi Android, maka silahkan pilih opsi Jangan update aplikasi secara otomatis. Setelah itu, silahkan ketuk Selesai untuk menutup jendela popup tersebut dan menyudahi pengaturan.

Setelah anda melakukan pengaturan di atas, maka Smartphone Android yang digunakan tidak akan pernah lagi melakukan update aplikasi secara otomatis.

Baca Juga : Cara mengaktifkan windows 10

Itulah cara mudah untuk mematikan atau menonaktifkan update otomatis aplikasi Android di Google Play Store. Cara ini sangat tepat bagi anda yang tidak senang dengan adanya fitur update otomatis, dan lebih senang melakukan update aplikasi secara manual. Dengan demikian, anda tidak akan pernah lagi kecolongan kuota data seluler akibat update otomatis ini. Selain itu, kinerja Smartphone Android anda tidak akan terganggu akibat update otomatis yang tiba-tiba terjadi.

Tinggalkan Balasan