Organisasi: Pengertian, Jenis, Syarat dan Manfaatnya.

Organisasi: Pengertian, Syarat dan Manfaatnya. Kata organisasi pasti sudah tidak lagi asing terdengar di telinga kita. Beberapa dari kita sering bertanya-tanya apa sih organisasi itu? Penting gak sih? Kok mau sih ikut organisasi padahal kan capek, manfaatnya emang buat apa? dan lain sebagainya. Seringkali juga kita lebih banyak melihat sisi negatif daripada sisi positifnya. Jadi ketika mau memutuskan ikut gak ya kegiatan itu? Iku tgak ya komunitas itu? Dilanda kebimbangan dan kebingungan yang bikin kamu galau. Akhirnya jadi ikut-ikutan temannya tanpa bisa mengambil keputusan buat dirinya sendiri. Biar gak bertanya-tanya lagi cotekno.com akan memberikan kamu informasi seputar organisasi. Yuk Baca Sekarang !

Pengertian Organisasi

Secara terminologi organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dan dipersatukan dalam kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati dan ditetapkan.

Jenis Organisasi

Ada beberapa jenis organisasi yang perlu kamu ketahui sobat cotekno.com yaitu :

  • Organisasi Formal

Yaitu organisasi yang memiliki tujuan bersama dan melakukan hubungan kerjasamanya secara rasional. Contohnya seperti ASEAN, UNESCO, dan lain-lain.

  • Organisasi Informal

Contohnya keluarga, ibu-ibu arisan, tim sar, tim pendakian gunung.

  • Organisasi Profit

Adalah organisasi yang bertujuan untuk mencari sebuah keuntungan dalam hal kekayaan. Contohnya seperti Perseroan Terbatas (PT), CV dan lain-lain.

  • Organisasi Non Profit

Yaitu organisasi yang bertujuan untuk melayani masyarakat tanpa mencari keuntungan. Contohnya HMJ, BEM, Osis, Volunteer, dll.

Syarat Organisasi

Berdirinya sebuah organisasi itu gak sembarangan lho. Ada syarat yang harus dipenuhi sebelum organisasi itu berdiri. Lalu apa aja sih syaratnya?

Baca Juga : Yuk Kenali Informasi Seputar Investasi Saham! Investor Pemula Wajib Tahu

Link Streaming Final Piala AFF Timnas Indonesia vs Thailand Leg 1. TANPA IKLAN!

  • Harus Ada Struktur Organisasi

Setiap organisasi pasti memiliki struktur kelembagaan minimal harus memiliki pemimpin dan anggota. Baiknya struktur organisasi terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara dan wakil bendahara serta anggota. Seorang pemimpin dalam organisasi merupakan  harus bisa mengarahkan, membimbing serta menentukan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan dari organisaasi itu sendiri. Jadi dalam menentukan struktur organisasi kamu harus memilih orang-orang yang sesuai dengan bidangnya agar lebih mudah untuk koordinasi dan membuat organisasimu semakin baik dan berkembang.

  • Memiliki Visi dan Misi

Sebuah organisasi harus memilki visi dan misi yang jelas. Hal ini dikarenakan visi dan misi tersebut adalah tujuan yang harus dicapai dalam sebuah organisasi. Kalau visi dan misinya gak jelas, apalagi kalau belum punya visi misinya gimana organisasi tersebut mau maju dan berkembang. Jadi sobat harus punya visi dan misi dulu ya buat organisasinya. Eh visi misi buat hidup pribadi juga penting lho!. Biar kamu punya tujuan hidup dan gak salah arah.

  • Mempunyai Program Kerja

Nah yang ketiga yaitu program kerja. Suatu organisasi itu harus punya proker atau program kerja yang akan dikerjakan secara rutin atau tahunan. Jadi kaya kegiatan yang akan kalian laksanain sesuai organisasi dan visi misi kalian sobat. Upayakan buat kegiatan-kegiatan yang bernilai positif dan berguna bagi masyarakat ya sobat.

  • Memiliki Aturan dan AD/ ART

Yang terkahir ada Peraturannya. AD/ART yang berlaku harus dijalankan sebaik mungkin sobat dan tidak boleh dilarang.

Selain itu juga ada yang namanya managemen organisasi. Managemen organisasi terdiri dari Planning (Perencanaan), Organizing (Mengatur), Actuating (Melaksanakan), controlling (Pengawasan) dan Evaluating ( Evaluasi). Kalau kegiatan managemen organisasi sudah dilakukan semua kalian bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu INOVASI. Inovasi ini berguna banget agar organisasimu gak ketinggalan zaman dan tetap diminati masyarkat. Gunakan ide-ide yang baru dalam upaya pengembangan organisasi.

Baca juga : Oppo Inno Day 2021 Segera Digelar

SlidePlayer Downloader, Cara Download File PPT Tanpa Login

Cara Menggabungkan Dokumen Word yang Terpisah menjadi 1 Dokumen

Manfaat organisasi

Pembahasan terakhir mungkin adalah pembahasan yang paling kamu tunggu-tunggu. Seringkali kita hanya melihat “capeknya” saja ikut organisasi. Bahkan ada juga yang berpikir kalau organisasi itu cuma-cuma buang waktu aja, bener gak?. Eitzz pemikiran begitu emang gak sepenuhnya salah tapi juga gak sepenuhnya bener. Bagi mereka yang ikut organisasi capek adalah hal biasa dan udah jadi risiku ikut organisasi. Terus kata ‘buang-buang waktu’ ini juga harus dipahami lebih dalam karena gak ada yang namanya buang-buang waktu kalau disitu kita malah dapat pengalaman berharga. Ini adalah beberapa manfaat ikut organisasi :

  • Meningkatkan Soft Skill

Soft skill inilah yang kamu pelajari di sekolah atau kuliah akademik yang  isinya mempelajari hard skil. Contohnya public speaking, leadership, Kerja sama tim, pendewasaan diri, dan lain-lain.

  • Memperluas Relasi

Tentunya melalui sebuah organisasi relasimu akan semakin banyak. Karena kamu juga banyak bertemu orang-orang baru yang dapat kamu jadikan relasi dan mentormu juga lho. Apalagi pastinya mereka mempunyai banyak pengalaman yang bisa kamu pelajari. Jadi gunakan kesempatan sebaik mungkin.

  • Mendapat Pengalaman

Pasti pernah denger kalau “pengalaman adalah guru terbaik”. Dari kata-kata tersebut kamu bisa jadikan dasar kalau memperoleh pengalaman yang sebanyak-banyaknya itu penting. Orang yang berorganisasi dengan orang yang kerjanya hanya dirumah saja tentu akan  lebih banyak orang yang berorganisasi. Jadi coba deh keluar dari zona nyamanmu dan mulai eksplore hal-hal baru dan menarik.

  • Melatih Manajemen

Tentunya ketika kita memutuskan mengikuti sebuah organisasi,kita di tuntut agar dapat membagi waktu, prioritas dan profesionalitas dalam bekerja sama. Seiring waktu kamu yang awalnya tidak dapat mengatur jadwalmu sendiri akan mulai bisa dan terbiasa sesuai manajemen yang sudah kamu buat.

Bagikan:

Seseorang yang tertarik dalam mengembangkan hardskill dan soft skill

Tinggalkan komentar