Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda

Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda – Setelah sukses dengan Asus ZenBook Duo 14 UX481 tahun lalu, Asus kemudian menghadirkan generasi penerusnya melalui seri ZenBook Duo 14 UX482EG. Sesuai namanya, laptop premium ini mengandalkan layar ganda bernama ScreenPad Plus yang memang benar-benar sebuah inovasi yang sarat fitur guna meningkatkan produktivitas dan multitasking, bukan sekadar gimmick. Tak hanya itu, Asus ZenBook Duo 14 UX482EG cukup tangguh karena telah memenuhi standar militer MIL-STD-810H.

Laptop andalan Asus ini tak hanya mengandalkan layar ganda dan kemampuan visualnya, tetapi juga didukung kinerja yang powerful di kelasnya guna menangani komputasi masa kini. Dapur pacu utama Asus ZenBook Duo 14 UX482EG mengandalkan duet prosesor Intel Core i7-1165G7 yang telah menggunakan arsitektur Intel Core generasi ke-11 Tiger Lake yang ditandemkan dengan grafis diskrit dari Nvidia GeForce MX450. Lalu sehebat apakah laptop dengan dua layar ini? Simak review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG oleh tim Laptophia kali ini!

Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda

Paket Penjualan Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

  • Unit Asus ZenBook Duo 14 UX482EG
  • Charger
  • Stylus Pen
  • Kartu garansi
  • Manual
  • Sleeve
  • Stand

Desain Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

Sektor desain masih menjadi daya tarik tersendiri pada review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG kali ini menurut Laptophia. Laptop dengan layar ganda ini hadir dengan balutan casing berbahan metal aluminium yang terasa sangat kokoh dan kuat. Sementara pada bagian LID cover menggunakan finishing metal-spun yang sudah menjadi ciri khas lini Zenbook yang dipermanis dengan logo Asusu yang menyamping dengan finishing krom.

Saat dibuka, terlihat bahwa interior Asus ZenBook Duo 14 UX482EG ini sangat berbeda dengan laptop pada umumnya. Layar keduanya yang disebut dengan ScreenPad Plus secara otomatis akan terangkat guna menghadirkan angle yang pas. Sementara itu terlihat susunan keyboard dan touchpad yang tidak biasa, tanpa kehadiran plamrest. Laptop layar ganda ini sudah dibekali dengan engsel ErgoLift yang membuat keyboard terangkat saat layar dibuka dan meningkatkan sisi ergonomisnya.

Ketangguhan dan build quality Asus ZenBook Duo 14 UX482EG ini tak perlu diragukan lagi karena sudah teruji dengan sertifikat militer MIL-STD-810H. Ukuran laptop layar ganda ini cukup ringkas dan dapat dimasukkan dalam tas berukuran kecil. Sayangnya, bodi laptop ini memang lebih tebal dan bobotnya pun agak berat jiika dibandingkan laptop sekelas.

Sisi kanan laptop Asus Zenbook Duo 14 UX482EG ini terdapat port USB 3.2 Gen1, port combo audio 3,5mm, microSD card reader, dan dua buah LED indikator. Sedangkan sisi kiri laptop layar ganda ini terdapat port HDMI, dan dua buah port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support Thunderbolt 4, PowerDelivery, dan DisplayPort 1.4).

Performa Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

Kinerja yang andal dan powerful menjadi salah satu daya tarik pada review Asus Zenbook Duo 14 UX482EG kali ini. Kinerja laptop dengan layar ganda ini sanggup menangani komputasi berat seperti multitasking, video editing, render, dan bahkan gaming kasual. Laptop Asus Zenbook Duo 14 UX482EG ini ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 yang menggunakan nama sandi Tiger Lake dan grafis diskrit dari Nvidia GeForce MX450.

Unit Asus ZenBook Duo 14 UX482EG yang diulas oleh tim Laptophia adalah varian yang ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1165G7 quad-core (8 thread) generasi Tiger Lake atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 1.2-2.8 GHz dan TurboBoost hingga 4,7GHz. Laptop multimedia dengan layar ganda ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB jenis LPDDR4 4266MHz dual-channel onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade. Adapun varian yang lebih rendah yang ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1135G7 yang juga masih keluarga Intel Tiger Lake.

Selama proses review, Laptophia menggunakan Asus ZenBook Duo 14 UX482EG ini untuk bekerja sehari-hari seperti membuka banyak tab di browser Chrome, mengedit dan batch convert ratusan foto melalui Fastone Image Viewer, dan kadang bermain game lawas seperti FarCry 3 berjalan dengan lancar tanpa lag. Bahkan ketika melakukan konversi video menggunakan aplikasi Handbrake pun terasa cukup kencang.

Jika membutuhkan performa lebih, pengguna dapat memngaktifkan fitur AIPT yang merupakan teknologi yang amengkombinasikan sistem pendingin dengan berbagai sensor untuk mengoptimalkan performa, daya tahan baterai, serta konfigurasi sistem pendinginan. Singkatnya, AIPT membuat Zenbook Duo 14 UX482EG lebih efisien dengan peningkatan performa hingga 40% pada mode Performance dibandingkan dengan laptop VivoBook generasi sebelumnya.

Jika laptop lain yang menggunakan prosesor yang sama memiliki Thermal Design Power (TDP) yang dibatasi di sekitar angka 15W, AIPT memungkinkan prosesor 11th Intel Core di seri VivoBook ini berjalan hingga TDP 28W secara terus menerus. Tak heran, fitur ini mampu mendongkrak performa hingga 40% dari generasi sebelumnya.

Sektor grafis, laptop layar ganda Asus ZenBook Duo 14 UX482EG ini dibekali GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari Intel Iris Xe Graphics G7 dan ditandemkan GPU Nvidia GeForce MX450. GPU Intel Iris Xe Graphics G7 yang mengusung 96 execution unit (EUs) dengan kecepatan 200 – 1250MHz. Performa grafis Intel Iris Xe Graphics G7 ini bahkan bisa dikatakan setara dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX350.

Berdasarkan informasi yang Laptophia terima, GPU diskrit Nvidia GeForce MX450 ini mengandalkan 896 shader core berteknologi arsitektur Turing dengan kecepatan 1400MHz dengan Turbo 1580MHz yang dipadukan dengan 56 TMUs, dan 32 ROPs. Kartu grafis GeForce MX450 yang digunakan pada Asus Zenbook Duo 14 UX482EG ini dikawinkan dengan memori VRAM 2GB GDDR6 berkecepatan 10Gbps dengan antarmuka memori 64-bit.

Panas yang dihasilkan oleh laptop Asus ZenBook Duo 14 UX482EG ini cukup terkontrol. Hal ini Laptophia rasakan saat menjalankan tugas intensif seperti gaming dan konversi video dalam jangka waktu yang cukup lama, panas yang dihasilkan terbilang wajar dan tidak mengganggu kenyamanan. Dukungan solusi pendinginan AAS tampaknya cukup memampu menjinakkan panas yang dihasilkan laptop layar ganda ini.

Benchmark Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

CPU-Z
GPU-Z
Benchmark CPU-Z
Cinebench R15
Cinebench R20
Cinebench R23
Geekbench 5 CPU
Geekbench 5 OpenCL
Geekbench 5 Vulkan
Geekbench 5 CUDA
PCMark 10
3DMark Fire Strike
3DMark Night Raid
3DMark Sky Diver
3DMark Time Spy
CrystalDiskMark
AS SSD Benchmark

Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

Layar

Salah satu hal yang menarik dari review Asus Zenbook Duo 14 UX482EG adalah kualitas layar gandanya yang ciamik dan inovatif. Asus menyebut teknologi panel layarnya sebagai IPS-Level yang diklaim mampu menyajikan saturasi warna yang tinggi dan akurat, yakni mencapai 100% sRGB color gamut dan sudah mengantongi sertifikasi PANTONE validated. Kemampuan layarnya sangat membantu untuk tugas-tugas yang berkaitan dengan reproduksi warna, seperti desain grafis maupun color grading. Warna yang terbilang punchy ini juga turut memanjakan mata saat menikmati konten multimedia.

Laptophia tak mengalami masalah saat bekerja dengan Asus Zenbook Duo 14 UX482EG di pelbagai kondisi cahaya karena layarnya menawarkan brightness yang memadai. Asus mengklaim kecerahan yang dihasilkan laptop layar ganda ini mencapai 400 nits. Tak heran. saat Laptophia bekerja di luar ruangan pun layarnya tetap bisa diandalkan.

Tak hanya itu, kita masih dapat melakukan tuning layar Asus Zenbook Duo 14 UX482EG melalui fasilitas Asus Splendid dan Tru2Life yang dapat diakses melalui MyAsus, serta dapat mengaktifkan fitur EyeCare untuk mereduksi cahaya biru agar mata tak lekas lelah. Viewing angle layar laptop powerful ini juga cukup luas dan memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

ScreenPad Plus dengan Stylus Pen

ASUS menghadirkan ScreenPad Plus yang merupakan layar kedua terintegrasi di ZenBook Duo 14 UX482EG. Layar kedua tersebut memiliki mekanisme khusus yang memungkinkan ScreenPad Plus terangkat ketika layar utamanya dibuka dan membentuk sudut tujuh derajat. Berkat mekanisme tersebut, tampilan di ScreenPad Plus dapat tetap dilihat dengan nyaman meski posisinya berada di bawah layar utama.

ScreenPad Plus di ZenBook Duo 14 UX482EG tidak hanya sekadar tampil sebagai layar kedua karena telah mendukung fitur touchscreen dan input menggunakan stylus. Selain itu, ScreenPad Plus juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat meningkatkan produktivitas pengguna. Kehadiran layar ganda ini dapat meningkatkan produktivitas dan memudahkan pengguna melakukan multitasking tanpa repot memasang layar eksternal.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menghubungkan smartphone menggunakan fitur Link to MyASUS yang sudah terintegrasi dengan ScreenPad Plus. Pengguna juga dapat mudah mengorganisir aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan di ScreenPad Plus bahkan bisa menukar aplikasi yang tampil di layar utama dengan yang ada di ScreenPad Plus melalui satu tombol.

Tidak hanya sampai disitu, ASUS menggandeng Adobe untuk menghadirkan Contol Panel bagi aplikasi kreatif Adobe Lightroom CC, Adobe Photoshop CC, Adobe After Effect CC, dan Adobe Premiere CC. Control Panel tersebut memungkinkan konten kreator untuk mengendalikan dan mengakses berbagai fitur di keempat aplikasi kreatif tersebut melalui ScreenPad Plus. konten kreator juga bisa melakukan kustomisasi fitur dan kontrol apa saja yang bisa dihadirkan.

Bagi pengguna yang kurang puas dengan touchpad bawaan ZenBook Duo 14 UX482EG, dapat memanfaatkan ScreenPad Plus karena menawarkan fitur touchpad mode yang memungkinkan seluruh area layarnya berubah menjadi touchpad. Karena ukurannya yang sangat besar, touchpad mode dapat memberikan kontrol yang lebih presisi dari toudhpad biasa. Anda bahkan bisa menggunakannya dengan stylus layaknya pen tablet.

Audio

Sama seperti lini laptop premium Asus lainnya, pada review Asus Zenbook Duo 14 UX482EG kali ini juga dipersenjatai dengan dua buah speaker berkualitas tinggi besutan Harman Kardon. Keluaran suara speaker Asus Zenbook Duo 14 UX482EG saat Laptophia gunakan untuk streaming musik dari Spotify maupun file audio terdengar merdu, bertenaga, dan menawarkan tingkat clarity yang sangat baik di kelasnya. Laptophia sangat menikmati mendengarkan musik sambil bekerja di laptop dengan layar ganda ini.

Speaker Asus Zenbook Duo 14 UX482EG ini mampu menyajikan detail instrumen musik yang cukup tinggi dengan treble yang kaya, serta efek stereo yang cukup kentara. Suara vokal dan mid juga terdengar bertenaga, sehingga cocok untuk mendengarkan aneka macam genre musik. Bass yang dihasilkan memang tidak terlalu mendalam, tetapi sudah cukup memadai untuk sebuah speaker built-in laptop premium.

Keyboard & Touchpad

Salah satu kekurangan saat review Asus Zenbook Duo 14 UX482EG menurut Laptophia adalah pengalaman mengetik. Laptop layar ganda ini hadir dengan desain keyboard dan touchpad yang tidak umum dan sebelumnya Asus pernah menerapkan desain ini di lini ROG Zephyrus. Desain yang aneh dan tidak dilengkapi dengan palmrest membuat kegiatan mengetik kurang nyaman.

Kualitas keyboardnya sendiri sebenarnya baik dan nyaman ketika digunakan untuk mengetik, hanya saja desainnya yang aneh ini membuat Laptophia kerap salah pencet. Perlu adaptasi untuk mengetik dengan keyboard tanpa palmrest seperti di Zenbook Duo 14 UX482EG ini. Touchpad yang berada di sisi samping keyboard cukup akurat dan presisil, tetapi ukurannya yang memanjang membuatnya terasa sempit dan kurang nyaman untuk bekerja sehari-hari.

Perangkat Lunak

Salah satu keunggulan laptop layar ganda Asus Zenbook Duo 14 UX482EG ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalamnya. Pengguna tak perlu lagi membeli lisensi sistem operasi, hanya cukup melakukan setup dan aktivasi untuk dapat menggunakan laptop ini dengan sistem operasi legal. Tak hanya itu, laptop bisnis besutan asus ini juga dipastikan dapat menjalankan sistem operasi Windows 11 di masa mendatang.

Sistem operasi besutan Microsoft ini berjalan lancar di Asus Zenbook Duo 14 UX482EG tanpa kendala. Beberapa aplikasi bawaan yang terinstal di laptop ini adalah McAfee antivirus, dan MyAsus. kelebihan lain yang ditawarkan pada review Asus Zenbook Duo 14 UX482EG adalah sudah dilengkapi aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 asli, sehingga langsung dapat digunakan untuk bekerja.

Fitur Keamanan

Keamanan juga menjadi perhatian pada ulasan Asus Zenbook Duo 14 UX482EG kali ini. Laptop dengan dua layar andalan Asus ini didukung fitut face login dengan memanfaatkan teknologi face recognition melalui 3D IR camera yang didukung standar dari Windows Hello. Dukungan infrared pada kamera Asus Zenbook Duo 14 UX482EG memungkinkan pendeteksian wajah meski dalam kondisi remang-remang atau kurang cahaya.

Baterai

Daya tahan baterai yang bisa diandalkan menjadi keunggulan pada review Asus Zenbook Duo 14 UX482EG kali ini dengan dukungan baterai berkapasitas 70Whrs. Awalnya tim Laptophia mengira dukungan dua layar membuat daya tahan baterainya akan jauh lebih singkat dibandingkan laptop premium dengan satu layar. Namun, dugaan Laptophia ternyata salah. Daya tahan baterai laptop Asus Zenbook Duo 14 UX482EG memadai untuk bekerja seharian.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi HP Samsung Terbaru

Laptophia biasanya mulai bekerja dengan membuka banyak tab di Chrome, sesekali mendengarkan musik melalui Foobar 2000, streaming di YouTube, dan editing foto ringan di Fastone Image Viewer. Hampir seharian penuh bekerja mulai jam 9 pagi, baterai Zenbook Duo 14 UX482EG ini tersisa 20% pada pukul 4 sore. Ini berarti daya tahan baterainya memadai untuk bekerja seharian penuh tanpa charger. Daya tahan baterai akan lebih lama jika ScreenPad Plus dinonaktifkan.

Kesimpulan

Secara umum, Asus Zenbook Duo 14 UX482EG merupakan sebuah laptop layar ganda yang tak hanya sekadar gimmick. ScreenPad Plus yang diusungnya inovatif dan memiliki banyak fungsi yang memudahkan kreator konten dan multitasking. Performanya kencang dengan prosesor Intel Core 11th Gen Tiger Lake disandingkan dengan GPU GeForce MX450 membuatnya andal menangani beban kerja tinggi saat ini.

Kelebihan Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

  • Layar ganda dengan ScreenPad Plus yang inovatif
  • Cocok untuk multitasking dan kreator konten
  • Performa kompeten
  • Tangguh dengan standar militer MIL-STD-810H
  • Desain stylish dengan build quality premium
  • Fitur lengkap dan baterai bisa diandalkan

Kekurangan Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

  • Kurang nyaman untuk mengetik (perlu adaptasi)
  • Ukuran agak tebal

Harga Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

Harga laptop Asus Zenbook Duo 14 UX482EG dengan prosesor Intel Core i7-1165G7 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 24.999.000 untuk varian dengan SSD 512GB dan Rp 26.999.000 untuk varian dengan SSD 1TB. Sedangkan Asus Zenbook Duo 14 UX482EG dengan prosesor Intel Core i5-1135G7 terbaru adalah Rp 19.299.000 untuk varian dengan SSD 512GB dan Rp 21.999.000 untuk varian dengan SSD 1TB.

Anda dapat membeli Asus ZenBook Duo 14 UX482 dengan harga lebih murah di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus ZenBook Duo 14 UX482EG

  • Layar sentuh IPS level LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 100% sRGB color gamut, 300 nits, Asus Splendid, Asus Eye Care, 4-sided NanoEdge Display, 178° wide-view, support stylus pen
  • ScreenPad Plus layar sentuh LCD kapasitif 12.6-inch Full HD (1920 x 515), 178˚ wide-view technology
  • Prosesor Intel Core i7-1165G7 quad-core (8 thread) 1.2-2.8 GHz TurboBoost 4,7GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs) dan Nvidia GeForce MX450 VRAM 2GB GDDR6
  • Memori RAM 16GB LPDDR4x-4266MHz, onboard
  • Storage SSD 512GB atau 1TB PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2×2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support Thunderbolt 4, PowerDelivery, dan DisplayPort 1.4), Port HDMI, MicroSD card reader, port combo audio 3,5mm
  • Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Chiclet keyboard design dengan backlight
  • Kamera webcam 3D IR HD camera, face login dengan Windows Hello
  • Baterai 4 Cell 70WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli + Microsoft Office Home and Student 2019
  • Dimensi 32.40 x 22.20 x 1.69 ~ 1.73 cm berat 1,62 kilogram
  • Tangguh dengan standar militer MIL-STD-810H
  • Warna Calestial Blue
Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
Samsung Galaxy Z Fold2

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3 5G Terbaru 2021

Next Post

Berbekal Snapdragon 778G di Samsung Galaxy A52s 5G

Related Posts
Total
0
Share
error: DJIANCUK: NGAPAIN? MAU MALING?!!